Blogroll

Join

Minggu, 20 Januari 2013

Cara membuat Web dengan Offline


Hai sobat blogger, dalam kesempatan ini saya akan memberi sedikit tutorial tentang membuat Web Joomla dalam keadaan offline. Oke, mari kita mulai...



 Dalam membuat Web Joomla, ada beberapa persiapan yang harus dipersiapkan, meliputi:

1. Persiapkan PC lengkap sesuai standar Windows XP atau Windows 7.
2. Persiapkan File mentahan Joomla, versi sesuai keinginan, tapi harus diingat, dalam pemilihan versi Joomla   harus sesuai dengan versi CMS yang Anda gunakan. Disini kita menggunakan Joomla versi 2.5.1, dapat anda download disini.
3. Persiapkan CMS yang Anda pilih, disini kita menggunakan XAMPP versi 1.7.2, yang dapat Anda download disini.
4. Tambahan, kalau bisa install Web Browser seperti Mozilla Firefox atau Google Chrome, demi memperlancar proses pembuatan Joomla Offline ini.

Setelah Anda dapat melengkapi persyaratan diatas, Anda dapat melanjutkan ke sesi berikutnya, langkahnya seperti di bawah:
1. Install Web browser Anda.
2. Install CMS Anda, tinggal ikuti perintah installasi, jika Anda seorang yang mengerti bahasa inggris tentu akan lebih mudah, hahaha, pilih semua paket yang Anda butuhkan, seperti Apache dan MySQL, FileZilla dan yang lainnya diinstall jika perlu saja.
3. Sekarang, buka folder XAMPP-mu yang ada di “Local Disk C:” cari folder “xampp”, lalu cari folder dengan nama “htdocs”, folder tersebut digunakan untuk menyimpan file Joomla Anda.
4. Setelah sampai di dalam folder “htdocs” tersebut, buatlah sebuah folder sebangai penampung file Joomla Anda.
5. Extract file mentahan Joomla yang sudah Anda siapkan tadi ke folder yang sudah Anda buat.
6. Buka Web Browser Anda, lalu ketik “localhost/phpmyadmin”, setelah Anda masuk ke tab PHPMyAdmin di CMS Anda, buatlah sebuah Database untuk Joomla Anda dengan cara masuk ke tab “Database” lalu beri nama database Anda, kemudian pilih “create”.
7. Setelah selesai membuat Database Anda, ketik “localhost/isikan dengan nama folder di htdocs yang telah Anda buat”.
8. Masuklah Anda dalam Tab Installasi Joomla, ikuti perintah installasinya, catatan,dalam pengisian database, isikan dengan nama database yang telah Anda buat, tipe database isi mana saja boleh, dalam “sitename” isi dengan nama webmu sesuai keinginan,
9. Hapus folder Joomla mentahan tadi, dalam Tab Installasi pada langkah terakhir ada kata “Remove Installation Folder”.
10. Pilih “Site” untuk melihat hasil Installasi Anda, pilih “Administrator” untuk login sebagai Admin.

Bagaimana?, tidak menyenangkan kah?, ahahah, dalam kesempatan berikutnya, akan saya upload cara konfigurasi Joomla Anda, desain-desain lah, eheheh, see ya later ><

Tidak ada komentar:

Posting Komentar